24
Jul
08

PREDIKSI PILKADA JATIM PUTARAN KEDUA

Selesai sudah hajatan PILKADA Jatim, harus diakui Pilkada kali ini berlangsung sengit penuh saingan dan tetap menjunjung intelektualitas para pasangan (tidak seperti didaerah lain, yang berakhir kisruh bahkan ada yang pilkadanya diulang) Walaupun tingkat partisipan masyarakat bisa dikatakan kecil (sekitar 61%) Namun harus diakui bahwa pilkada kali ini berlangsung cukup demokratis.

Pilgub Jatim merupakan pilkada terbesar dengan jumlah pemilih terdaftar 29.061.718 dengan jumlah TPS 62.756. Berikut adalah hasil perhitungan cepat yang saya peroleh dari Metrotv :

Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa putaran kedua Pilkada Jatim sudah didepan mata. Dan berikut ini adalah Prediksi saya :

Pasangan Khofifah-Mudjiono

Berdasarkan LSI, pasangan ini didukung oleh 30% PKB. Bahkan calon dari PKB(Achmady-Suhartono) sendiri memiliki dukungan yang sama jumlahnya dengan pasangan ini. Hal ini mungkin dikarenakan terjadi perpecahan ditubuh PKB. Berdasarkan keputusan MA yang memenangkan kubu Muhaimin, jelas memberi dampak yang cukup signifikan terhadap pasangan ini. Achmadi didukung Gus dur, sedangkan Gus dur kalah. jadi wajar dong kalau warga PKB “tidak patuh” sama yang kalah.

Mudjiono, pasangan Khofifah adalah satu2nya calon yang berasal dari kalangan Militer pada putaran kedua nanti. jika kita berbicara “Arogansi TNI” maka kemungkinan besar, keluarga2 TNI akan cenderung ke pasangan ini. Ingat di Jawa Timur ada pangkalan TNI-AL(Lantamal dan ARMATIM) dan KODAM V Brawijaya yang merupakan markas utama TNI.

Berdasarkan LSI, hampir 60% pendukung Khofifah adalah kaum Hawa. dari 29 juta pemilih terdapat sekitar 17 juta pemilih perempuan, jika 60% suara perempuan condong ke Khofifah, bukan tidak mungkin perolehan suaranya akan signifikan. Memang, saat ini sedang hangat2nya diulas isu kesetaraan Gender. Bahkan UU Partai politil menyebutkan kalau setiap Parpol harus menyertakan sedikitnya 30 % wakil perempuan.

Mayoritas pendukung pasangan ini berada didaerah tapal kuda bagian Timur, seperti : Banyuwangi, Situbondo, Probolinggo, dan Jember. Dan penduduk didaerah ini mayoritas loyal terhadap dukungannya, artinya mereka tidak akan melirik calon lain selain pilihannya.

Gabungan dari parpol non-parlemen membuat pasangan ini berada diatas angin. Kita tahu bagaimana totalitas LaNyalla M. Mattalitti (Ketua DPC Partai Patriot dalam mendukung pasangan ini). Jika parpol lain mengikuti “cara” yang dilakukan oleh Partai Patriot bukan tidak mungkin suara golput akan masuk ke pasangan ini.

Pasangan Soekarwo-Syaifullah Yusuf

Strategi marketing paangan ini Luar Biasa. Jika pasangan lain baru bmenyosialisasikan dirinya pada bulan Februari, maka Soekarwo telah “Curi start” jauh2 hari sebelumnya. Menurut pakar komunikasi politik Airlangga Suko Widodo, pasangan ini bisa meraup suara “hanya” dengan mengandalkan marketing yang bagus. dan didukung pula data yang menyatakan bahwa pasangan ini merupakan pasangan yang paling dikenal masyarakat jatim.

Basis suara pasangan ini berasal dari Madura (Salah satunya). Kita tahu sendiri bahwa warga Madura sangat loyal terhadap pilihannya. Serta dengan menggunakan sistem “satu komando” bisa dikatakan madura adalah lumbung suara pasangan ini. Jika seorang kiai menyatakan dukungan, maka warga sekitar juga akan ikut mendukung.

Syifullah Yusuf merupakan simbol pemimpin muda. Jika mendengar kata “anak muda” maka dari kelima pasang cagub dan cawagub, hanya Syifullah dan Khofifah saja yang berusia dibawah 50 tahun. Syifullah lebih diunggulkan karena dia memimpin GP Anshor yang merupakan Pemuda warga Nadliyin. Jika Isu ini diangkat oleh pasangan ini, maka bisa dipastikan daerah “arek” sepeti : Surabaya, malang, Sidoarjo, dan Gersik merupakan lumbung suara pasangan ini. Karena mayoritas penduduk keempat kota tersebut adalah pemuda.

Pasangan ini adalah pasangan yang “nggrapyak” atau passangan yang pandai mencairkan suasana. Strategi ini dianggap berhasil karena pada saat massa kampanye, yang dibutuhkan adalah suasana yang cair dan penuh kekeluargaan.

————————————————————————————

FLOATING MASS (Suara Ngambang)

Pada Putaran Kedua nanti banyak sekali Floating Mass atau masa mengambang. Artinya massa yang belum bisa menentukan pilihan dikarenakan calonnya gagal atau kebingungan. Diantaranya :

1. Daerah Matraman

Daerah Matraman atau daerah yang dekat dengan Keraton Jogja, merupakan lumbung suara dari pasangan Sutjipto dan Ridwan Hisjam. Mereka adalah calon dari PDIP. daerah Matraman biasa disebut daerah Abangan atau daerahnya kaum nasionalis (Seperti : Blitar, malang, madiun,Kediri,Ngawai). setelah SR kalah pada putaran pertama, bisa dipastikan masyarakat disini sulit menentukan pilihan.

Calon yang berpeluang mendapatkan dukungan disini adalah pasangan Karsa. karena Soekarwo sendiri(sebelum dipinang PAN&Demokrat) sebenarnya akan didukung oleh PDIP. Karena satu hal, akhirnya PDIP memilih Soetjipto sebagai Calon Gubernur.

2. Warga Nadliyin Pro-Gus Dur

Setelah kalah, pendukung Achmady juga akan bingung menentukan pilihan. Karena yang terjadi pada putaran kedua kali ini adalah pertarungan antar warga NU. jika diamati, warga NU pro Gus Dur akan cenderung memilih pasangan Ka-JI (Beda urusan kalau Gus Dur menyatakan Golput).

Namun, yang perlu dicermati adalah kaum muda warga NU, mungkin akan cenderung condong ke pasangan Karsa. karena ada Gus Ipul yang merupakan Ketua GP Anshor. Walaupun jumlahnya sedikit.

3. Warga Ikhwanul Muslimin (PKS)

Suara pasangan Karsa yang diperkirakan memperoleh sekitar 35% akhirnya anjlok hingga 25% saja. Hal ini diduga dengan tidak didukungnya oleh warga Ikhwanul Muslimin. Awalnya, pasangan Karsa didukung oleh koalisi 3 parpol, yaitu : (PAN, Demokrat dan PKS). Dengan perolehan suara sekitar 25% diiduga PKS menyatakan mundur dari dukungan dengan mengharap terjadinya putaran kedua. Dengan adanya putaran kedua, maka Bargaining Position atau Posisi Tawar PKS akan semakin besar.

4. Golongan Birokrat, Seniman, dan Pengusaha

Golongan ini sebagian besar merupakan lumbung suara pasangan Soenarjo-Ali Maschan. Karena pasangan ini merupakan kombinasi antara Birokrat, Seniman, dan Pengusaha. Denagan adanya putaran kedua, diperkirakan “3 elemen” tersebut akan terpecah.

Golongan Birokrat dan Seniman akan cenderung ke pasangan Karsa. Karena Sokarwo sendiri juga orang birokrat (mantan Sekdaprov). sedangkan golongan seniman sendiri akan condong ke pasangan ini, karena strategi marketing yang sangat bagus. Kita mungkin pernah dengar : Kacang”pakde”, Beras”pakde”, Pesan”pakde” yang tendensinya kearah Soekarwo. Hal2 kreatif seperti itulah yang disukai oleh seniman.

5. Golongan Ilmuan

Ilmuan yang dimaksud disini adalah para pakar IT. Termasuk juga warga Jatim yang tinggal diluar Jatim. Kita tahu bahwa dari kelima pasangan Cagub, yang memiliki situs pribadi adalah pasangan Ka-Ji. Para pakar IT akan menilai kapabilitas seorang calon melalui website tersebut. Dengan media yang cukup komunikatif tersebut diperkirakan para “Ilmuan” tersebut akan condong ke pasangan ka-ji. Analoginya, jika seorang anak menangis minta Permen maka dia akan berhenti menangis jika diberi permen. Begitu juga dengan pakar IT, mereka akan welcome jika diberi media yang sudah jadi “Makanannya” sehari-hari.

————————————————————————————

Prediksi diatas merupakan sebuah “PREDIKSI. sekali lagi, PREDIKSI. Percaya atau tidak itu terserah anda. Prediksi disini menggunakan sistem Analisa Data dengan tidak memperhatikan PREDIKSI dari Dunia Gaib atau Perdukunan.

————————————————————————————

Berdasarkan Prediksi diatas, pasangan Kar-sa memang diungghulkan, namun bukan berarti Pasangan Ka-Ji tidak bisa Menang…………………


9 Responses to “PREDIKSI PILKADA JATIM PUTARAN KEDUA”


  1. 24 Juli 2008 pukul 11:55 pm

    pilih kaji aja, soalnya pengalaman pilihan kemaren yang paling banyak mencoblos adalah wanita, sedangkan yang laki-laki podo males semua, jadi peluang kaji amat besar untuk pilihan gubernur jatim putaran ke 2

  2. 25 Juli 2008 pukul 1:08 am

    saya dukung Pasangan Khofifah-Mudjiono, maklum sama -sama wanita

    http://esaifoto.wordpress.com

  3. 3 aditcenter
    25 Juli 2008 pukul 7:35 pm

    @opan
    @esaifoto
    Thanks atas komennya…

  4. 25 Juli 2008 pukul 9:51 pm

    Karena pernah liat debat pilkada di tv, lupa stasiun mana, Kayaknya yg pailng meyakinkan adalah pasangan Mudjiono-Khofifah
    Selain itu, jabatan sebagai menteri sebelumnya jadi pont tambahan buat khofifah

    Syaifullah Yusuf juga mantan menteri kok bu….

  5. 5 Rully Patria
    27 Juli 2008 pukul 6:36 pm

    Jadinya ada putaran kedua ya?
    Siapapun yang menang mudah2an bisa bikin rakyat Jatim seneng…

    ulasan politiknya bagus banget mas… niat mo jadi politikus ato udah jadi nih :P

    Salam Kenal… saya link ya blognya..

  6. 6 aditcenter
    27 Juli 2008 pukul 8:12 pm

    Hehehehe…. Tnks buat komennya Rul, tapi niat jadi Teknokrat aj deh… Atau pengamat politik juga boleh….

    Salam kenal juga,

  7. 28 Juli 2008 pukul 3:37 pm

    Sepertinya .. di Kaltim juga bakalan dua putaran. Cuma masih kisruh. Karena waktu kesepakatan awalnya, peraturan 30% itu belum muncul. Makanya .. yang menang keberatan kalo langsung diterapkan.

    Btw .. begitu sulitnya mencari pemimpin yang didukung oleh 30% masyarakatnya. Yang malah ada .. justru Golput selalu sukses mencapai 30% — lebih malah. Inilah asiknya Indonesia.

    Iya, saya heran sama masyarakat Jatim khususya,, mereka tidak sedikit yang golput.. Padahal, memilih adalah Hak Asasi tiap manusia, kalau dia golput berarti dia telah mengingkari Hak Asasinya sebagai manusia……

  8. 30 Juli 2008 pukul 2:41 am

    kesimpulannya prediksimu siapa yang menang nih dit?
    kalo saya sih, jagoin Ka-Ji tapi kayaknya nih yang menang KarSa :D

    Kesimpulannya yang menang Karsa, tapi menangnya tipis mungkin sekitar 55% : 45% Lah…

  9. 14 Agustus 2008 pukul 8:43 am

    karsa insya Allah menang kalau PKS dilibatkan secara PENUH (FULL POWER) bukan dibutuhkan klau maukampaye mendatangkan massa. capek dehh. ayo deh tim KARSA evaluasi diri, jangan bong sombong (terlalu PD) akui titik kekalahannya krn apa?

    Tuh, buat Tim Sukses Karsa… Ada yang jamin bisa menang tuh…!!!


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Anda Pengunjung ke-

  • 54,047

Tanggal Hijriah

Juli 2008
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Uang adalah Waktu

Snap Shot

Sunset

Bukan Maling

Sunset di Pantai Anyer

Nonton Bareng Teman seangkatan

More Photos

Arsip

ARTIKEL BIDANG

Statistik Pengunjung

free counters

Prakiraan Cuaca


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: