24
Okt
08

KENAPA HARUS IKUT IKLAN??


Banyak sekali commercial break yang muncul di layar kaca. Palagi waktu jam-jam sibuk antara jam 19.00-22.00. Seolah-olah mereka bersaing untuk mendapatkan perhatian dari para pemirsa televisi. Memang cara yang sangat efektif sekali kalau menurut saya. Apalagi pada jam segitu, kebanyakan orang2 pada butuh hiburan. Setelah penat mencari kerja (kalau yang belum bekerja, mungkin pulang sekolah atau kuliah, bisa juga pulang dari luar kota).

Kebanyakan iklan(commercial break) dikemas dalam bentuk menarik. Apalagi yang namanya iklan Rokok, harus diakui sungguh luar biasa menariknya. kebanyakan Kreatif, Lucu, dan Menghibur. Jujur saja, hanya iklan rokok-lah yang bisa membuat saya terharu bahkan sempat menangis saat iklan bercerita tentang pendidikan indonesia. Ada juga iklan Rokok yang membuat saya tertawa terpingkal-pingkal…

Namun, iklan atau commercial break ada juga yang melupakan sisi-sisi norma, etika, dan sopan santun.. Ahh tak perlu saya sebutkan disini, saya rasa kita semua tau. Ada juga iklan yang melupakan tentang konsepsi dari sebuah makna yang diiklankan. Misalnya : Cantik, Tampan, Indah. dan saya punya dua alasan kuat untuk mengatakan “KENAPA HARUIS IKUT IKLAN??”

Konsepsi Yang Keliru

Siapa Dia??

Weittss…Siapa dia?? Hehehe, dia adalah teman saya.. (Maaf lel, tak jadiin model dadakan)

Banyak sekali commercial Break yang menawarkan produk kecantikan baik itu berupa kosmetik, parfum, bahkan pelangsing/program diet. Namun, saya heran, kenapa hanya program itu2 saja yang diiklankan. Apakah tidak ada program yang membuat badan jadi gemuk atau membuat wajah penuh jerawat? Seolah-olah pikiran kita ter-Doktrin kalau yang namanya Cantik itu adalah Langsing, Wajah Putih bersih, dan tidak ada jerawat.

Dia cantik kan?? saya rasa semua orang waras akan menjawab : “IYA..Dia Cantik”, namun kenapa saya harus memasukkan fotonya? Karena saya bingung. Pernah suatu saat saya Chatting dengan dia, teman2nya selalu bilang kalau dia itu terlalu Gemuk/Tambah Melar/ Atau apa lah. yang jelas, teman2nya bilang kalau gemuk itu tidak cantik. Kontradiktif sekali dengan pernyataan kita semua yang bilang kalau dia itu Cantik.

Lalu. apa sih definisi cantik itu?? Ahhh..saya tidak perlu membahas apa definisi Cantik, namun saya rasa kita semua sepakat kalau yang namanya Cantik itu tidak harus Langsing/Putih/Tidak ada Jerawat. Jadi jangan khawatir bagi anda yang merasa “kekurangan” menurut iklan. Namun, anda harus yakin kalau “kekurangan” yang anda miliki sebenarnya menyimpan sejuta kelebihan yang mungkin hanya Anda dan ALLAH saja yang tahu.

Banyak Yang Melanggar Aturan

Kembali lagi ke Iklan Rokok, menurut PP no.19 Tahun 2003 tentang Bahaya rokok. namun, iklannya dapat kita jumpai di berbagai tempat umum, mulai dari Rumah Sakit, Bandara, bahkan Kampus. Seolah-olah rokok telah menjadi Dewa dalam urat nadi perekonomian Indonesia. Sehingga dengan begitu, yang namanya peraturan dapat dilanggar. Yang amat saya sesalkan adalah adanya iklan rokok ditempat vital seperti Rumah Sakit dan Sekolah. Pemandangan yang kontradiktif sekali jika iklan rokok masuk ke Rumah Sakit (Lha wong niatnya mau menyembuhkan, kok malah dikasih iklan rokok??).

Jadi ingat beberapa tahun yang lalu. Sponsor utama Formula-1 (balap mobil/jet darat) adalah iklan rokok. Sebenarnya olahraga yang menyehatkan kok malah ditempeli iklan rokok? Bernie Ecclestone-pun menimpali :”F-1 adalah gabungan antara Sport, Lifestyle, dan Infotainment” jadi bukan barang aneh jika iklan rokok bersanding dengan F-1.

Sebenarnya tidak hanya iklan rokok saja yang melanggar. banyak produk lain selain rokok yang sering melanggar aturan. Misalnya Kampanye Politik. Walaupun niatnya hanya memberikan data, namun tujuan lainnya adalah sebagai Vote gather bagi para pemirsa televisi yang belum melek politik.


12 Responses to “KENAPA HARUS IKUT IKLAN??”


  1. 1 NaNa a.k.a Ifana
    25 Oktober 2008 pukul 2:48 pm

    emmm..
    setuju ama yang kamu ungkapin dit or lambe temaankuu
    semakin kritis juga ya kamuu..
    waktu ambil kuliah advertising, akyu sempet debat ma dosen tercintakuu, dan bilang bahwa kualitas iklan yang ada di indonesia, terutama iklan tv,gag mutu (ada yang okai jugag sebenarnya)..
    tapi dia bilang(dosenku), kalu pasar di Indonesia emang mintanya, atau bisanya dikasi iklan-iklan model gituuu
    tapi aku gag setuju, yang namanya pasar atau masyarakat atau khalayak atau massa, itu bisa dibenahin pola pikirnya, salah satu jalannya lewat media massa yang sangaaaat berperan besar buat ngedidik masyarakat buat jadi lebih pintar..
    aku bermimpi, kita bisa bersanding bareng sama -paling tidak- teman-teman seasia waktu festival iklan seasia.tapi pada kenyataannya sepertinya kita belum layak..
    emm, aku juga sering bertanya-tanya, apa iya kita nggak mampu?
    tinggal tunggu waktu aja kali ya..

    Hhe
    muup ya ngomongnya sog serius, padahal, ya gini2 aja ni otak..
    smangadh terus ya mbe, untuk kekritisannya..

    —————————————————————————————
    Hooh…Nana apa kabar dirimu..Na, salam ya buat bu SirikitSyah..dia dosenmu bukan??

  2. 2 NaNa a.k.a Ifana
    25 Oktober 2008 pukul 2:48 pm

    oiaaa
    paz bangeth modelnya..
    hehe
    mumpung ge ngenet gratis di ruma si model iniii..

    ——————————————————————————
    Oh..lagi nebeng toh?? Salamin buat Lely ya, suruh makan yang banyak..!! Biar tetep sehat

  3. 3 LeLY,,,,
    25 Oktober 2008 pukul 3:07 pm

    lambeee,,oohhh nooo..oh my god..my face..
    wakakakaka
    ada royalti nih kykny..!!!
    hee masa sih pernah bahas ntu,,lupa saia…
    oh yg ttg subur2 ntu tah..

    menurutq sih sah2 aja, gmn orng pingin berusaha ingin tampil menarik..
    yg penting ga berlebihan aja…
    lagian tll gemuk ga baek buat kesehatan,,tapi knp ga sadar2 diriku ini wakakakaka

    klo mslh iklan,,seprtiY uda di wakilin nana tuh,,hehhehe nebenkkk..

    ———————————————————————————
    Astaga..Lely sudah tingkat Akut pikunnya ternyata… Heehehehehe

  4. 26 Oktober 2008 pukul 1:40 pm

    mbak modelnya maniss banget

    ————————————————————————————-
    Hehehe…Ya iyalah, lha wong sudah diseleksi hingga 7 hari 7 malem… Heheheh😉

  5. 27 Oktober 2008 pukul 11:52 am

    Huahahaha… mungkin kalau jerawat itu ada unsur kesehatannya juga, kalau jerawatnya sering dipencet bisa terkena infeksi, kalau gemuk juga mungkin ada faktor kesehatannya juga bahwa orang gemuk juga tidak sehat (walaupun terlalu kurus juga tidak baik….)

    Nah…. kalau yang benar2 kosmetik itu misalnya kenapa nggak ada iklan produk penghitam kulit….. malah produknya aja nggak pernah dibikin…. padahal kulit hitam juga sehat loh…. bahkan kalau kulit putih karena panuan itu malah yang nggak sehat… hehehe…..

    —————————————————————————————————–
    Bener pak…tunggu aja,sebentar lagi akan saya luncurkan produk pengHITAM kulit… Hahahahahaha😀

  6. 30 Oktober 2008 pukul 7:28 am

    Mas adit, jadi inget commercial breakdown yang dulu tiap malem ada di Tipi.. Lucu2 banget!!!
    Oke2.. kenapa gak suka dan Brown….?? gara-gara Da Vinci Code kah??
    Emhh…

    Bukan…gara2 bukunya mahal2 c…jadi gak bisa beli… Hehehehe😀

  7. 30 Oktober 2008 pukul 7:46 pm

    tMpiil mEnarik dan Cantiik mEnurutkuw tdK melulu dTentuukan dR p0lesan pRodUk” rias wajah.ada2 haL penting yG tampaknya diLupakan oLeh peRempuan m0dERn kRna terkesima produk-produk canggih yang dapat mempercantik wajah secara instan dan super cepat. Dua hal tersebut adalah kecantikan dari dalam dan kelebihan pada wajah. (jangan hanya terfokus pada kekurangan tapi fokuslah pada kelebihan yg ada pada kita)
    dan…yg penting..
    1.apa yang orang lain perhatikan belum tentu sejelek apa yang kita pikirkan.
    2.Jangan selalu memulai memikirkan kelemahan.
    3.Tonjolkan kelebihan wajah yang Anda miliki.
    4. slalu tMpiL pD d yG pNting.
    5. biasanY cantiik itu bisa dLihat kEtika pRempuan hbis bngun tDUr karena belum ada p0lesan apapun.

    Tmukan kEcantiikan pada diri sendiri Krena pD dsArnYa pRempuuan nTu dCiptakan sbGai maklhuk yG iindah dan cantiik loh. jGn hnYa kRena ngErasa hidung jelek maka penampilan keseluruhan akan memiliki efek yang sama,, badan Gemuk sehingga merasa minder dan ingin diet untuk tampil menarik. bLUmm tentu teman kita sTuuju dG pendapat kita. Ini pendapat yang salah dan lebih pada pendapat secara psikologis “mengasihani diri sendiri”. Manfaatiin yang ada didalam diri kita. Jika hidung anda pesek, biarkan saja apa adanya. Dengan sedikit tipuan, hidung pesek bisa terlihat lebih mancung. Apalagi saat ini pendapat mengenai kecantikan sudah sangat universal, dalam artian: apa yang dilihat bagus menurut ras tertentu belum tentu baik untuk ras lainnya. Jadi tidak usah berkecil hati jika kita memiliki bulu mata yang pendek dan tidak lentik. Jangan minder hanya karena kita berbadan yG oVer or gMuuk. “Apa yang kita anggap kelemahan justru bisa berbalik menjadi kelebihan” loh..

    sAtu hAL yG pLLu diingaT: jGn sKalii-kalii mmbndingkn diri kita dG orG yg tidAk sebanding atau org yang tdK berAsaL dari satu kLmpk. c0nt0HnYa Mbandiingin diri kita dG- yang tingginya hanya 160 – dengan Kate Moss peragawati dunia. Membndingkan diri kita – yang asli Indonesia – dengan Linda Evangelista yang berdarah Kaukasia. MnruutkUw jG dE jUstRu m’buat tambAh Frustasi.

    bWt modElnYa.. gMuuk buukan masalah yG pentiiing sMart dan sehat menurutkuw ntu da cKUp de. (^^)v

    ————————————————————————————————
    Woooww…penjelasan yang panjang bgt…siiip lah

  8. 1 November 2008 pukul 4:28 am

    Ini karena frame berpikir masyarakat secara kolektif bahwa cantik atau tampan, atau keren itu sudah tercipta demikian. Padahal itu bukan satu-satunya ukuran.

    Ironisnya, itu yang disodorkan iklan dalam menjual produknya.

    ——————————————————————————————
    Dunia ini memang penuh dengan ke-ironis-an

  9. 2 November 2008 pukul 7:17 pm

    Kalau di rumah sakit mestinya diberi iklan obat, bukan rokok.
    ————————————————————————-
    Iya pak, aneh memang kalo Rumah sakit ada iklan rokoknya,, kalo mau iklan rokok sebaiknya di kuburan. kan cocock banget tuh

  10. 10 LeLY,,,,
    3 November 2008 pukul 3:39 pm

    diitt,, barusan aq baca2 lagi nih artikel u..
    aq sih memaknaiY,,berarti temen2q care bangt ma u..perhatian bgt dengan perkembanganq wakakaka
    sasaran yg empuk koq menghina-bina q dit,,hehehehe
    it’s okay, just for fun..kadang ya makjeb2
    ——————————————————————————–
    Maaf Lel, kalo ada salah tulisan, ntar FEE-nya segera aku transfer kok… hehehehehe

  11. 16 November 2008 pukul 10:45 am

    artikel yang menarik…thanks ya atas infonya

    ———————————————————————-
    Sama-sama mbak/neng/jeng…… *segera melakukan kunjungan balasan

  12. 16 November 2008 pukul 1:43 pm

    artikel yang menarik dan bagus..thanks ya atas infonya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Anda Pengunjung ke-

  • 56,510

Tanggal Hijriah

Oktober 2008
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Uang adalah Waktu

Arsip

ARTIKEL BIDANG

Statistik Pengunjung

free counters

Prakiraan Cuaca


%d blogger menyukai ini: